Sabtu, 19 November 2016



TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI SISTEM CERDAS



Nama : 1. Farah Dina Zahra (13114933)
  2. Rosidah Nasution (19114814)
3 KA 41

ANALISIS TEKNOLOGI KOMUNIKASI MESIN ATM








.             PENDAHULUAN

·         Pengertian Sistem Pakar.
Sistem pakar merupakan program Artificial Intellegence (AI) yang memiliki basis pengetahuan untuk domain tertentu dan menggunakan penalaran interferensi menyerupai seorang pakar atau sebagai penasihat untuk memecahkan suatu masalah [1]. Sistem pakar dapat mengumpulkan dan menyimpan pengetahuan seorang pakar atau beberapa orang pakar ke dalam komputer. Pengetahuan tersebut kemudian digunakan

Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan mengembangkan sistem pakar, antara lain:
1.Masyarakat awam non-pakar dapat memanfaatkan keahlian di dalam bidang tertentu tanpa kehadiran langsung seorang pakar.
2. Meningkatkan produktivitas kerja, yaitu bertambah efisiensal pekerjaan tertentu serta hasil solusi kerja.
3. Penghematan waktu dalam menyelesaikan masalah yang kompleks.
4. Memberikan penyederhanaan solusi untuk kasus-kasus yang kompleks dan berulang-ulang.
5. Pengetahuan dari seorang pakar dapat didokumentasikan tanpa ada batas waktu.
6.Memungkinkan penggabungan berbagai bidang pengetahuan dari berbagai pakar untuk dikombinasikan.

  •         Perbankan dan Teknologi


Pada dasarnya, tujuan pelayanan perbankan salah satunya mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi. Pihak bank berusaha meningkatkan jasa pelayanan untuk mempertahankan dan meningkatkan nasabahnya. Bagi nasabah, pelayanan merupakan suatu alasan yang paling penting bagi mereka. Nasabah dapat mempercayai suatu bank karena pelayanan yang diberikan bank terhadap mereka, dimana masing-masing nasabah memiliki alasan yang berbeda-beda dalam hal pelayanan.
Seiring dengan kemajuan teknologi informasi perbankan, ATM yang mampu membalikan asumsi contohnya nasabah akan selalu menanyakan fasilitas ATM pada saat membuka rekening di suatu bank , jika tidak ada fasilitas ATM jangan berharap bila nasabah akan membuka rekening di bank tersebut. Kondisi seperti ini dapat disimpulkan bahwa nasabah lebih aman dan nyaman, serta dengan peningkatan sarana fasilitas seperti fitur-fitur yang bermanfaat guna menunjang kemudahan dalam bertransaksi dengan adanya ketersediaan ATM, dibandingkan dengan bank yang tidak mempunyai fasilitas ATM .
Dengan ATM, nasabah bisa melakukan transaksi keuangan dengan mudah hingga memberikan suatu nilai tersendiri bagi nasabah yaitu nilai kepuasan terhadap layanan yang diberikan bank. Maka ini memberikan kesempatan bagi bank untuk terus berusaha meningkatkan pelayanan mereka dengan memajukan teknologi ATM.
Fungsi ATM yang dapat mempermudah kepentingan kita sebagai nasabah dalam melakukan aktivitas perbankan, seperti:
1.  Informasi Saldo

1.Pembayaran Umum: tagihan telepon, kartu kredit, listrik, air, handphone, dan uang kuliah
2.Pembelian: tiket penerbangan, isi ulang pulsa
3.Pemindah bukuan (open transfer)
4.Pengubahan PIN


Selain itu nasabah mendapat berbagai manfaat dalam pelayanan ATM , yaitu :
1. Melakukan pelayanan sendiri

1.Dapat melakukan transaksi perbankan tunai maupun non tunai tanpa harus mendatangi kantor cabangnya
2.Dapat melakukan transaksi tanpa dibatasi waktu dan tempat, karena layanan ATM on-line selama 24 jam
3.Tidak perlu menyimpan uang kas terlalu banyak.

Bagi pihak bank pun mempunyai mafaatnya sendiri, seperti :
    • Mampu  menarik nasabah baru  untuk menabung dan meningkatkan pendapatan
    • Mendorong nasabah agar lebih aktif menggunakan jasa perbankan
    • Mengurangi antrian nasabah di kantor cabang
    • Mampu membuka peluang munculnya produk dan jasa baru
    • Sebagai media promosi
    • Mengoptimalkan jaringan komunikasi yang ada.


  • ·         APA YANG MEMBUAT ATM DIKATAKAN SISTEM PAKAR .

ATM dikatakan system pakar karena pada mesin ATM terdapat erangkat keras dan perangkat lunak yang mendukung . berikut penjelasannya :

Ø PERANGKAT KERAS
  1. CPU (untuk mengontrol antarmuka pengguna dan perangkat transaksi)
  2. Pembaca Magnetik dan/atau Chip kartu (untuk mengidentifikasi pelanggan)
  3. Papan ketik PIN (mirip dalam tata letak papan kunci touchpad atau kalkulator), sering diproduksi sebagai bagian rangka yang aman.
  4. Kriptoprosesor Aman, umumnya dalam bagian rangka yang aman.
  5. Monitor (digunakan oleh pelanggan untuk melakukan transaksi)
  6. Tombol fungsi (biasanya dekat dengan layar) atau layar sentuh (digunakan untuk memilih berbagai aspek transaksi)
  7. Mesin pencetak rekam (untuk menyediakan pelanggan dengan catatan transaksi mereka)
  8. Ruang penyimpanan (untuk menyimpan bagian-bagian mesin yang membutuhkan akses terbatas)
  9. Housing (untuk estetika dan untuk melampirkan tanda tangan)
karena tuntutan komputasi lebih berat dan jatuhnya harga arsitektur mesin seperti-Personal Computer, ATM sudah beralih dari arsitektur perangkat keras kustom menggunakan mikrokontroler atau aplikasi-spesifik sirkuit terpadu untuk mengadopsi arsitektur perangkat keras dari sebuah Personal Computer, seperti, koneksi USB untuk peripheral, Ethernet dan komunikasi IP, dan menggunakan sistem operasi komputer pribadi. Meskipun tidak diragukan lagi lebih murah untuk menggunakan perangkat keras komersial, hal ini membuat ATM berpotensi rentan terhadap jenis masalah yang sama ditunjukkan oleh Personal Komputer konvensional.

Ø  PERANGKAT LUNAK
Dengan migrasi ke komoditas perangkat keras Personal Computer, sistem operasi standar komersial dan lingkungan pemrograman dapat digunakan di dalam ATM. Platform Khas sebelumnya digunakan dalam pengembangan ATM termasuk RMX atau OS/2.
Sekarang sebagian besar ATM di seluruh dunia menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, terutama Windows XP Professional atau Windows XP Embedded.  Sebagian kecil penyebaran dapat masih menjalankan versi Windows OS seperti Windows NT, Windows CE, atau Windows 2000.
Terdapat pula industri keamanan komputer yang berpandangan bahwa sistem operasi desktop masyarakat umum memiliki resiko yang lebih besar sebagai sistem operasi untuk mesin pengeluaran uang daripada jenis lain dari sistem operasi seperti (aman) Sistem operasi waktu-nyata (RTOS). RISKS Digest memiliki banyak artikel tentang kerentanan kas mesin sistem operasi.
Linux juga menemukan beberapa penerimaan di pasar ATM. Contohnya adalah Banrisul, bank terbesar di selatan dari Brasil, yang mengganti sistem operasi MS-DOS di ATM nya dengan Linux. Banco do Brasil juga me-migrasikan ATM-nya ke Linux.
Dengan terjadinya sistem operasi Windows dan XFS di ATM, aplikasi perangkat lunak yang memiliki kemampuan untuk menjadi lebih cerdas. Hal ini telah menciptakan generasi baru ATM aplikasi yang umum disebut sebagai aplikasi diprogram. Jenis aplikasi ini memungkinkan sebuah host yang sama sekali baru teraplikasi di mana terminal ATM dapat melakukan lebih dari hanya sekedar berkomunikasi dengan switch ATM. Sekarang sedang diberdayakan untuk terhubung ke server konten lain dan sistem video perbankan.
Perangkat lunak ATM terkemuka yang beroperasi pada platform XFS diantaranya Triton PRISM, Diebold Agilis EmPower, NCR APTRA Edge, Absolute Systems AbsoluteINTERACT, KAL Kalignite, Phoenix Interactive VISTAatm, dan Wincor Nixdorf ProTopas.


B.     Cara Kerja Mesin ATM
Komponen ATM terdiri dari kotak ATM, layar monitor, tombol angka dan kamera (optional) yang biasa terlihat dari luar. Sedangkan di dalamnya terdiri dari satu unit computer CPU, keyboard, kotak uang, printer kecil, modem, dan card reader.



ATM merupakan sebuah terminal data yang mempunyai dua perangkat input dan empat perangkat output. Seperti halnya sebuah terminal data, ATM harus memiliki koneksi ,terhubung, dan berkomunikasi melalui sebuah host processor (pusat proses).
Dari sisi ATM ke Server ada sebuah Proses yang dinamakan Encrypt Dan Decrypt , Saat data Pin tersebut di kirim maka akan Di Encrypt(Di konversi kedalam bahasa tertentu agar tidak bisa dibaca atau bahasa kasarnya di acak sehingga tidak bisa terbaca, di sisi server mesti di Decrypt dengan Key Algoritma tersebut agar dapat terbaca , tentu saja ini dilakukan sebagai keamanan agar tidak ada pihak lain yang tahu passwordnya , bahkan Pihak Server sendiri tidak mengetahui Password tersebut

  • Cara kerja dari server dan pada skimmer pencuri








Penjelasan :
Di server bank :  pada saat user memasukan kartu ATM maka data kartu ATM dibaca oleh magnetic card yang memiliki garis hitam di sisi belakang kartu di sisi garis hitam di belakang kartu itu sendiri memiliki data tentang Nomor Pengguna kartu tersebut, ketika kartu ini dimasukkan ke dalam CARD READER (Tempat memasukkan Kartu), maka card reader ini akan membaca data kartu ATM customer tersebut dan data tersebut akan dikirim ke komputer server Bank melewati SWITCHING       (Pengaturan/Pengontrol Lalu Lintas), kemudian kartu ini akan divalidasi apakah benar terdaftar di server bank  dan bila kartu tersebut benar milik Bank maka mesin akan meminta Password atau PIN (Personal Identification Number) , dan pin yang telah dimasukkan akan dikirim ke server lagi dan akan dicocokkan kembali setelah itu proses transaksi pun dilakukan
Pada skimmer Pencuri : menggunakan skimmer pada saat user memasukkan kartu ATM maka data   akan dibaca oleh magnetic card reader skimmer pun menyaring data kartu ATM tersebut , pada saat server bank mendeteksi kartu lalu mencari ke database di mesin ATM itu meminta USER memasukan PIN dan mesin ATM meminta user memasukan nilai random pada kamera pengintai pun merekam nomor PIN yang diketikan oleh user kemudian



  •      User menggunakan mesin ATM








Penjelasan : pertama kita memasukkan ATM pada saat memasukan kartu ke ATM akan muncul di monitor untuk memilih bahasa yang bisa kita gunakan dan bahasa pilihan itu ada bahasa Indonesia dan bahasa inggris lalu setelah memilih bahasa akan muncul untuk kita memasukan pin ATM kita dan muncullah pilihan di penarikan pembayaran yang terdiri dari 1. Listrik/pulsa/dll 2.tunai 3. Cek saldo 4. Transfer pada saat memilih angka 1 Maka akan disuruh ketik kode angka/voucher jika ke cancel maka anda akan disuruh memasukan pin lagi , jika tidak anda cancel maka pilih uang nominalnya dan pulsa akan terkirim di ponsel kita lalu mesin ATM itu akan muncul kata-kata transaksi lagi ? jika tidak ambil struk lalu ambil kartu ATM dan selesai. Jika kita memilih angka 2 maka akan mengambil transaksi berupa tunai lalu pilih uang nominal yang anda akan ambil setelah ambil uang tersebut maka akan keluar uang yang anda pilih setelah itu maka struk akan keluar dan anda kartu ATM anda akan keluar. Jika anda memilih angka 3 yaitu cek saldo maka akan keluar di layar monitor saldo anda lalu akan di cetak struk tersebut dan jika anda memilih angka 4 maka anda memilih transfer lalu anda akan mengetik tujuan transfer kemana yang dituju lalu pilih nominal yang ingin ditransfer lalu kita dimita agar mengecek kecocokan apakah benar no transfer dan nama yang ditansfer jika benar maka klik YA setelah itu struk akan keluar sebagai tanda bukti dan selesai.


A.Kesimpulan
Mesin uang yang digunakan untuk membaca kartu dengan plastic magnetic-strips ini kemudian dikenal sebagai ATM (Automated Teller Machine). Untuk menggunakannya, pemakai harus memasukkan kartu yang dimiliki kedalam mesin khusus atau mesin ATM serta memasukkan nomor sandi, serta jumlah uang yang akan diambil. Nomor sandi ini kemudian dikirim melalui jaringan telpon kekomputer pusat. Komputer akan melihat, apakah yang bersangkutan memiliki uang simpanan atau tidak.
Magnetic strip merupakan suatu bentuk plastik pendek yang dilapisi dengan sistem magnet dan biasanya dilekatkan pada kartu kredit ataupun kartu berharga lainnya. Pada magnetic strip biasanya tertulis data pribadi pemegang kartu, yang berisi nomor rekening, nomor pribadi serta kode access-nya. Dan tulisan ini ditulis dalam bentuk kode-kode tertentu, dan hanya bisa dibaca oleh komputer yang dilengkapi dengan mesin khusus untuk kartu magnetic strip tersebut.
















Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar